Fresly Nikijuluw dan Musisi Terbaik Malut Akan Tampil di Lapangan Gambesi, Ternate

Flyer kegiatan.

TERNATE, NUANSA – Malam Apresiasi Gambesi Kampung Inspiratif yang dipusatkan di lapangan bola kelurahan Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Sabtu (20/4) dipastikan akan menjadi malam yang penuh dengan ribuan massa untuk mendengarkan secara langsung paparan para narasumber Talkshow Makin Cakap Digital sambil menyaksikan penampilan menarik dari para musisi terbaik di kepulauan Maluku dan Maluku Utara.

Ya, siapa lagi? jika bukan Fresly Nikijuluw, vokalis berbakat dari kota musik Ambon, Provinsi Maluku, yang selalu tampil memukau dengan lirik lagu-lagu “galau”nya di setiap ajang kampanye Makin Cakap Digital yang digelar oleh manajemen program Literasi Digital Provinsi Maluku Utara.

Flyer kegiatan.

Tentu seperti biasanya, Fresly Nikijuluw tak akan perform sendiri melainkan pula semakin menambah kemeriahan suasana malam itu dan akan semakin menjadi lebih semarak dengan adanya penampilan dipanggung oleh para musisi lokal Maluku Utara seperti Alan Dharmawan, Randy Husain, Arjuna Pratama, serta Putri Dwi Sinta. Mereka akan tampil untuk memeriahkan kegiatan dimaksud yang akan digelar pada Sabtu (20/4) pukul 20.00 WIT hingga selesai.

Sungguh sebuah kesempatan baik yang sangat menyesal rasanya jika terlewatkan begitu saja tanpa kehadiran kita untuk menyaksikan suasana terbaik pasca lebaran Idulfitri di Ternate kota rempah. Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk terus menggalakkan program literasi digital secara meluas di setiap segmen kelompok masyarakat di seluruh wilayah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk menyelenggarakan Talkshow Makin Cakap Digital sebagaimana yang akan digelar di Lapangan Gambesi Ternate dalam rangkaian acara yang dikenal dengan Malam Apresiasi Gambesi Kampung Inspiratif.

Safira Denita Royani selaku Project Officier Literasi Digital Provinsi Maluku Utara mengatakan, kegiatan Talkshow Makin Cakap Digital ini juga akan menghadirkan para narasumber yang memiliki kompetensi dan segudang pengalaman mereka dalam memanfaatkan media sosial.

Selain itu juga mereka yang bersertifikat TOT Literasi Digital 2024 antara lain Sasmita Abdurahman, S.Kom.,M.Si, Abdul Jalil, ST.,MT, Dr. Ir. Lis Hamsir Ayub Wahab, ST., M.Eng., IPU, Dr (Cand). Ir. Mohamad Jamil, ST., MT, IPM., Asean Eng., Damis Basir (Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ternate), Amal Hasanuddin, ST (D’Facto / konten kreator Maluku Utara).

“Talkshow ini akan dipandu oleh Iga Almira Rugaya Assagaf selaku moderator dan juga M. Alief Zidane / Pricillia Kharie dan Rahman Muhammad/Tete Ko (konten kreator) selaku Master of Ceremony,” ujar Safira, Selasa (16/4).

Untuk diketahui, kegiatan Literasi Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Adapun Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id.

Maluku Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan jumlah para pengguna internet yang signifikan, sehingga melalui program Kampanye Makin Cakapa Digital tersebut, maka masyarakat diharapkan akan memahami dan melaksanakan empat pilar literasi digital dalam kehidupannya sehari-hari secara lebih bijak dan berdampak positif bagi kelangsungan hidup bersama dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain Talkshow Makin Cakap Digital, beberapa jenis kegiatan menarik lainnya yang akan dilaksanakan dalam rangkaian acara “Malam Apresiasi Gambesi Kampong Inspiratif” yang berlangsung sejak tanggal 18 hingga 20 April, yaitu Musical Teater yang diberi judul “Air Mata di Ujung Kangkung”, Pencanangan Gerakan Pakai Aplikasi PLN Mobile, Sharing Session tentang Manajemen dan Produksi Konten Kreatif.

Temu Wicara tentang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Ternate, Jelajah Agrowisata Kebun Kangkung Gambesi, serta Promosi Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Khairun Ternate.

“Di era transfornasi digital saat ini, setiap orang memiliki hak dan kebebasannya dalam mengemukakan pikiran dan pendapatnya di berbagai platform digital. Meskipun demikian, hak dan kebebasan berekspresi, termasuk pula hak dan kebebasan untuk mencari, menerima, dan memberikan informasi dan gagasan dari segala jenis, terlepas dari batasan, baik secara lisan, tertulis atau cetak, dalam bentuk seni, atau melalui media lain pilihannya memiliki batasan-batasannya sesuai norma dan aturan yang berlaku umum dan dipahami sebagai sebuah pemahaman bersama, termasuk pula dalam berkomentar atau sebagai pengguna media sosial,” tutur Safira.

“Pada konteks ini diperlukan kesadaran kita untuk menjadi netizen yang bijak dalam bermedia sosial dan karena alasan itu pula, maka manajemen Literasi Digital Provinsi Maluku Utara menggelar Talkshow Makin Cakap Digital sebagai bentuk kampanye untuk mewujudkan hal tersebut,” sambungnya mengakhiri. (tan)