Polmas  

Pilgub Maluku Utara, Benny Laos Sudah Mendaftar di 5 Partai Politik

Juru Bicara sekaligus LO calon gubernur Benny Laos, Faisal Opo Anwar saat mengambil formulir di DPW Partai Nasdem Maluku Utara, Rabu (1/5) yang diterima langsung oleh Ketua Tim Penjaringan Husni Bopeng. (Udi/NMG)

TERNATE, NUANSA – Mantan Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, nampak makin masif untuk ikut bertarung dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku Utara 2024.

Keseriusan pengusaha sukses itu telah ditunjukkan dengan mendaftar untuk ikut penjaringan ke lima partai politik pengusung pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Lima parpol itu adalah Partai Demokrat, PKB, PDIP, PAN dan yang terakhir adalah Partai Nasdem. Partai Nasdem sendiri baru membuka penjaringan, dan Benny adalah bakal calon gubernur pertama yang mendaftarkan diri.

Ketua Panitia Penjaringan DPW Partai Nasdem Maluku Utara, Husni Bopeng, mengatakan Partai Nasdem baru membuka pendaftaran per hari ini secara serentak di seluruh Indonesia.

“Untuk Maluku Utara mulai dibuka pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur dimulai 1 sampai 7 Mei. Pak Benny Laos merupakan kandidat bakal calon Gubernur Maluku Utara yang mendaftar pertama,” ujarnya.

Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara itu mengaku sangat berterima kasih kepada Benny Laos sudah bersedia mendaftar ke Nasdem.

“Sesuai mekanisme PO Nasdem, kita di Tim Penjaringan hanya menerima verifikasi semua berkas pendaftaran yang akan disampaikan ke DPP. Jadi kami hanya memenuhi persyaratan pendaftaran dan disampaikan ke DPP untuk survei,” tambah Nini, sapaan akrab Husni Bopeng.

Seluruh berkas bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur, kata Nini, termasuk visi-misi akan menjadi kewenangan pusat untuk menilai.

Sementara itu Juru Bicara sekaligus LO dari bakal calon Gubernur Benny Laos, Faisal Opo Anwar mengatakan, Benny Laos juga punya semangat berjuang di jalan restorasi seperti slogan dari Partai Nasdem.

“Untuk itulah kami harus menjadi yang pertama mendaftar di Partai Nasdem karena semangat itu yang kami usung,” tegasnya.

Bagi Opo, Nasdem merupakan partai yang solid dan kuat di Provinsi Maluku Utara. Memperoleh dukungan berupa rekomendasi dari Nasdem berarti sama dengan mendapat dukungan rakyat yang ikut mendukung Nasdem hingga memperoleh 5 kursi di DPRD Provinsi.

“Kami meminta maaf karena saat mendaftar Calon Gubernur kami tidak bisa hadir. Tapi nanti saat pengembalian, Cagub kami akan ikut hadir. Calon Gubernur kami menyampaikan salam hormatnya untuk seluruh pengurus Partai Nasdem Maluku Utara,” tandas Opo.

Untuk 5 parpol yang telah disambangi, kata Opo, 3 diantaranya sudah dilakukan pengembalian formulir. Yaitu PKB dan Demokrat. Untuk PAN baru akan dikembalikan besok. Sedangkan PDIP dan Nasdem sisa menunggu waktu pengembalian. (udi/kep)