Pj Gubernur Maluku Utara Pastikan Pejabat Eselon II Bakal Diuji Kompetensi

Pj Gubernur Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir. (Istimewa)

SOFIFI, NUANSA – Pemerintah Provinsi Maluku Utara bakal menggelar uji kompetensi (ukom) bagi pejabat eselon II Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemprov Malut. Rencana ukom ini mendapat persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Samsuddin Abdul Kadir usai menggelar rapat bersama Wakil Ketua KASN Tasdik dan Rudiarto Sumarwono, di gedung KASN Jakarta, Selasa (2/7).

Menurutnya, selama ini ternyata KASN ikut mengamati kondisi birokrasi yang ada di Maluku Utara, sehingga perlu dilakukan penataan dengan baik sesuai ketentuan.

“Kami sudah menyampaikan dengan kondisi tersebut. Dari KASN akhirnya menyepakati (ukom), karena banyak kekosongan, maka perlu ada uji kompetensi,” ujarnya.

Ukom ini, kata dia, akan menghasilkan rekomendasi apakah ASN yang menduduki jabatan definitif eselon II saat ini digeser ke organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengalami kekosongan jabatan atau tetap pada jabatannya.

“Bila keputusannya digeser ke OPD lain, maka jabatan yang ditinggal akan dilakukan seleksi terbuka. Itu sesuai arahan KASN, jadi harus uji kompetensi dulu,” jelasnya.

“Hal ini tidak terlepas dari kesepakatan bersama KASN, tinggal menunggu surat rekomendasi secara tertulis. Jadi dalam waktu dekat ini kami laksanakan,” pungkasnya. (ano/tan)