Hukum  

Polres Sula Gelar Simulasi Sispamkota untuk Pengamanan Pemilu 2024

Simulasi Sispamkota Polres Kepulauan Sula. (Isrudin/NMG)

SANANA, NUANSA Polres Kepulauan Sula menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Kapolres Sula, AKBP Cahyo Widyatmoko, mengatakan simulasi Sispamkota dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi dalam pengamanan Pemilu 2024.

“Simulasi ini sebagai gambaran nyata kepada masyarakat Sula yang direpresentasi oleh bapak/ibu serta para tamu undangan sekalian. Dari perspektif kamtibmas peningkatan intensitas kegiatan politik ini dapat menciptakan potensi kerawanan yang dapat mengganggu persatuan dan memicu penyebaran hoaks serta ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan konflik sosial,” jelas Cahyo, Kamis (12/10).

Menurutnya, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas dan karakteristik unik, karena untuk pertama kalinya, pemilu dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) diadakan serentak pada tahun yang sama.

“Terkait dengan teknik dan administrasi akan ada dalam tahap-tahapan yang namanya sentral Gakkumdu. Untuk itu, mari sama-sama kita saksikan bagaimana tahapan-tahapan penindakan dari kepolisian nantinya,” katanya.

Cahyo pun menekankan, komitmen Polri untuk menjaga penyelenggaraan pemilu tahun 2024 agar berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Potensi kerawanan telah diidentifikasi dan akan ditangani secara profesional dan berkelanjutan.

“Keberhasilan dalam pengamanan pemilu tahun 2019 dan pilkada serentak tahun 2018 menjadi referensi penting dalam pengamanan pemilu tahun 2024 mendatang,” pungkas Cahyo. (ish/tan)