Polmas  

Jelang Pilkada 2024, KPU Maluku Utara Gelar Sosialisasi

Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat. (Tanwin/NMG)

TERNATE, NUANSA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara menggelar sosialisasi tahapan dan jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 untuk gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota, bertempat di Royal Resto Ternate, Kamis (18/4).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat, berharap pelaksanaan Pilkada tahun 2024 bisa terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan.

“Kalau ada kendala di daerah-daerah, maka itu harus diselesaikan secara baik karena sudah ada jalur-jalur hukum yang sudah disiapkan, sehingga ada kesadaran bagi semua peserta kontestan Pilkada tahun 2024,” ucapnya.

Ia menuturkan, sejauh ini pihaknya melihat sudah ada perubahan-perubahan pada sistem perbaikan data dan kesadaran menyelesaikan berbagai persoalan serta proses tahapan di daerah.

“Perlu diketahui bahwa setiap ada regulasi pasti ada perbaikan atau dilakukan kemajuan penyederhanaan dengan berkembangnya alat teknologi canggih,” kata dia.

Pudja berharap, partisipasi masyarakat untuk Pilkada 2024 dapat meningkat, karena dalam menyukseskan hal tersebut butuh keterlibatan pemangku kepentingan dan lainnya.

“Kerja sama stakeholder sangat diharapkan untuk menciptakan kondisi yang aman, sehingga pelaksanaan Pilkada harus lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada kepala daerah setelah Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (PNPHD), harus segera menyelasaikan hal tersebut untuk kepentingan pelaksanaan tahapan Pilkada.

“Untuk daerah yang sudah menyelesaikan penyaluran 40 persen yakni Provinsi Maluku Utara, Halmahera Selatan, Pulau Morotai dan Halmahera Timur. Untuk tujuh kabupaten/kota yang belum mentransfer agar kiranya segera dilakukan,” tutupnya. (tan)